Dr Richard Lee Hampir Ditangkap, Apa Alasannya?

Dr Richard Lee diamankan polisi di kediamannya di Palembang, Rabu 11 Agustus 2021. Banyak yang menduga bahwa ini merupakan buntut laporan Kartika Putri.

Namun hal ini dibantah oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Dijelaskan bahwa ini tak ada hubungannya dengan istri Habib Usman bin Yahya. Karena sang istri diketahui sedang bermain slot online menggunakan uang asli ketika dr Richard Lee ditangkap.

Yusri Yunus, mengatakan bahwa penangkapan dr Richard Lee karena diduga menghilangkan barang bukti.

Yusri Yunus memaparkan bahwa penangkapan dr Richard Lee bukan berdasarkan laporan pencemaran nama baik yang dilakukannya terhadap Kartika Putri.

“Perlu saya luruskan, perkara pencemaran nama baik yang dilaporkan KP ini berbeda dengan upaya hukum ilegal akses dan pencurian barang bukti,” ungkap Yusri, saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 12 Agustus 2021.

Ditambahkan Yusri Yunus, penangkapan ini karena adanya akses ilegal yang diduga dilakukan oleh dr Richard Lee.

“Ini terjadi ilegal access dan pencurian oleh seseorang. Kemudian dilakukan lidik dan sidik oleh penyidik. Berdasarkan lidik, ternyata yang lakukan ilegal akses dan pencurian akun di barbuk penyidik ini dilakukan sendiri oleh RL,” lanjutnya.

Sebelumnya, diketahui dr Richard Lee sempat dilaporkan Kartika Putri terkait kasus dugaan pencemaran nama baik. Hingga kini, kasus tersebut masih ditangani pihak berwajib.

Sementara, dr Richard Lee diamankan polisi di kediamannya pada Rabu 11 Agustus 2021 di Palembang, Sumatera Selatan. Penangakapan ini berlangsung dramatis.

Sang istri, Reni Effendi, berkali-kali mempertanyakan alasan penangkapan sang suami. Sedangkan dr Richard Lee tak mau dibawa ke kantor polisi karena ingin menunggu pengacaranya datang.

Polisi akhirnya mengungkap alasan menangkap dokter Richard Lee di kediamannya di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu 11 Agustus 2021 Itu terkait dugaan akses ilegal terhadap barang bukti.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menuturkan bahwa dalam kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri, pihak polisi menyita akun Instagram sang dokter kecantikan.

“Terjadi ilegal akses dan pencurian oleh seseorang, kemudian dilakukan penyelidkan dan penyidikan oleh penyidik. Ditemukan yang melakukan ilegal akses dan pencurian barang bukti yang ada di akun yang sekarang menjadi barang bukti penyidik dilakukan sendiri oleh RL,” kata Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis 12 Agustus 2021.

Saat ini, dugaan kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh istri Habib Usman bin Yahya itu telah sampai tahap penyidikan. Karena itu, polisi menyita barang bukti seperti ponsel juga akun Instagram sang dokter.

Namun pada 9 Agustus 2021, Richard Lee diduga mengakses akun Instagram yang telah disita polisi itu.

“Berdasarkan hasil penyidikan, barang bukti yang ada di penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya adanya satu ilegal akses yang dilakukan oleh RL,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya Richard Lee dijemput paksa oleh pihak kepolisian diduga terkait kasus dugaan pelanggaran UU ITE.

Aksi penangkapan itu pun direkam dan diunggah ke Instagram istri Richard dan menjadi viral. Razman Arif Nasution selaku pengacara menyayangkan aksi penjemputan paksa terhadap kliennya.

“Kenapa dipaksa ditangkap, memang ke mana dia. Jadi saya minta Pak Kapolri supaya memperlakukan hukum dengan benar, dengan menindak orang – orang yang melakukan sikap arogan seperti ini. Saya lihat di videonya dia mau buang air kecil tidak boleh,” kata Razman dalam video di Instagram-nya.

Artikel yang Direkomendasikan